Desa Raci

Raci, Batangan, Pati

Kantor Kepala Desa Raci
Gapura Timur Desa Raci






























Geografi

Batas-batas wilayah Desa Ngening yaitu:

 Perdukuhan

Ds.Raci terdiri dari 6 perdukuhan:
  1. Dukuh Karang Turi (komplek SD Raci)
  2. Dukuh Demping
  3. Dukuh Ketitang
  4. Dukuh Mambung
  5. Dukuh Nyamplung
  6. Dukuh Sawahan

Topografi

Terdiri dari perkampungan, persawahan dan pertambakan.

 Daftar Nama Kepala Desa

Nama -nama kepala desa / lurah yang pernah menjabat sejak jaman belanda:
  1. Rayuk
  2. Wirya Wisastra
  3. Karjono
  4. Podho;
  5. Karso Karwi
  6. Bandhi
  7. Roto
  8. Hartoyo
  9. Mamik Eko Trimurti

Tempat Pendidikan

Tempat pendidikan / sekolahan yang ada di desa Raci
  1. PAUD,
  2. TK,
  3. SD,
  4. Madrasah (MI & MTS),
  5. TPQ

Sejarah Desa Raci

Pendahuluan

Sejarah Desa Raci adalah sejarah yang tidak diketahui asal usulnya secara pasti, karena tidak adanya prasasti atau naskah kuno yang menceritakan tentang terjadinya Desa Raci.
Yang kita dapatkan hanyalah sepenggal potongan-potongan kisah cerita orang tua, yang mana penulis beruasaha untuk menyatukan dan mencocokkan cerita tersebut dengan data / fakta yang ada sekarang ini.
Maka dari itu sejarah Desa Raci ini kami tulis dalam beberapa versi. Versi mana yang paling benar, hanya Tuhan yang tahu. Dan cerita yang kami tulis ini belumlah final, jikalau nanti ada data terbaru yang lebih akurat, maka data itulah yang akan kita pakai.

Versi Pertama

Sejarah Desa Raci Berdasarkan Dongeng
Oleh Bpk. Supriyanto Siwar
Ki Marto Kusumo duwe anak loro, lanang karo wadon. Jenenge Dipoyono karo Madiyah. Ki Marto Kusumo kalebu muride Sunan Bonang. Gandheng Ki Marto Kusumo wis buntas anggone ngangsu kaweruh, dhewek’e kepingin nggiyarake ngelmune marang sepadha-padha.
Ing kono Sunan Bonang dawuh, “yen kuwe kepingin nggiyarake kaweruhmu, tak golekke panggon. Ing sisih kulon kae isih ono bumi kang kebak ri bebondhotan, kuwi gaween padhepokkan.”
Ki Marto matur yen durung weruh panggonan mau. Sunan Bonang banjur dhawuh,  “tekenku iki tak balangno, mengko tiba ana ngendi, yo iku kena kanggo makuwon.
Ki marto banjur budhal sak keluarga nututi playune teken. Tekan kono Ki Marto Banjur nggawe padhepokan kang aran Pakuwon.
Sarehne Dipoyono lan Madiyah wis dewasa, dewek’e padha kepingin njembarake wilayahe, banjur mbabat alas. Dipoyono mempeng olehe mbabat alas, entuk sakpertelon wis katon padhang bentak ilak-ilak, banjur diwenehi jeneng bentak’an.
Madiyah amergo wong wadon ape mbabat alas ora bisa, dhewek’e duwe akal, alas diobong.
Dipoyono anut ngobong alas, dhewek’e ngomong, “ning ngendi wae panggonan sing ketiban langesku, yo iku duwekku. Angin ora pati banter, parake lurus mengulon lan ngetan sitik, akhire wilayahe dipoyono desane mengulon nganti tekan ngebruk, ngetan nganti tekan mburi sekolahan SD Raci.
Madiyah dikawin karo Joko Taruna, banjur mapan ana ing alas sing diobong mau. Ing papan kono ditanduri wit turi pirang-pirang, banjur diwenehi jeneng Karang Turi (komplek punden SD Raci).
Madiyah penggaweane dodolan jamu, saben dino ider jamu. Ora antara suwe anggone mlaku, dhewek’eweruh ana wong mati gemletak ana ndalan. Bareng ditilik’i jebul ora kawulane, banjur dipendhem ono sisih wetan, tapel wates, kon ndempingno desa. Panggonan mau banjur diarani kuburan ndemping (kuburan pinggir desa).
*Jaman mbiyen ndemping kalebu pinggir desa, ananging sak’iki dadi tengah desa. Sawahan jaman mbiyen iseh rupa sawah, durung ono omah.
Banjur Madiyah nerusake lakune mengidul, ketemu wong bakul legen, ditakoni jarene wong Carang Soko, banjur papan kono diwenehi jeneng pasar soko. Madiyah tuku legen mau sing diwadahi bumbung pring, bareng diombe rasane seger mambu bung, banjur papan kono diwenehi jeneng Mambung (mambu bung/bumbung).
Bareng sasi ketigo, ketigo dowo, ora ono udan, larang banyu, banjur Ki Joko Taruna semedhi, entuk wangsit yen sisih kidul kae ana sumber gedhe. Banjur Ki Taruna tumandang gawe sumur. Bareng nduduk lemah lagi sak dengkul, banyune mili banter, iso kena kanggo panguripan uwong akeh.
Saya suwe banyu miline malah soyo banter, nganti luber mbanjiri sak kiwo tengene sumur. Banjur sumur mau disrumbung nganggo duk, nganti mampet, miline kari sitik. Banjur sumur mau diwenehi jeneng sumur brumbung.
Ki Joko Taruna lan Nyi Madiah anggone bebrayan duwe anak lanang jenenge Suyono. Suyono seneng karo cah pekuwon jenenge Sulastri. Ananging wong tuwane ora sarujuk. Suyono njur ngucap, yen dhewek’e ora didaupke karo Sulastri, aluwung mati.
Njur dituruti, pungkasane rembug, bareng nepak’i gawe, budhal lamaran lagi tekan tengah ndalan, ana mendung lelimengan, bledhek nyamber-nyamber. Sing nggendhong jampi suruh kesamber bledhek. Sing nggowo lamaran bali mulih, lamarane batal. Njur Nyi Madiah duwe ipat-ipat, yen anak turun’e ojo nganti ana sing entuk bocah pekuwon.”
Suyono nganti ngenes mergo pedhot katrisnan, akhire mati. Banjur layune Suyono dimakamno ana ing wetan, lemah mbunuk kaya pulau, banjur diwenehi jeneng makam pulau (sawahan kidul).
Nyi Madiah iling marang ucapane mbiyen, banjur muni, “anak putuku mbesuk yen dadi nganten, weruh ana aku, ing kono bakal tak pangestoni. Trus saiki dadi adat mubeng punden.
Pungkasane cerita, gandheng Nyi Madiah nggawe jeneng petilasan ngaleh-ngaleh, dijumbuhake karo panggaweane ngracik jamu, papan kono diwenehi jeneng Raci Sidomulyo.
Mbah Madiah dimakamno ing sisih wetan jomblang raci. Dene sing kakung Ki Taruna dimakamno ing makam mambung. Dene reracik’aning jamu, tukul wit kemuning karo wit dora dadi punden.
                              

Versi Kedua

Kemiripan dengan Daerah Lain
Sudah menjadi rumus, bahwa jika ada daerah yang mempunyai nama sama, biasanya juga mempunyai sejarah yang sama. Seperti halnya kauman, disemua tempat yang bernama kauman, pasti di situ dekat alun-alun dan ada Masjid, karena kauman adalah tempat kaum/perkampungan muslim pada jaman kerajaan dulu. Misalnya lagi orang yang bernama Agus, pasti ada kemiripan sejarah, yaitu lahir pada bulan agustus.
Begitu juga dengan nama Raci, dengan mengetahui sejarah desa Raci dari daerah lain, maka kita juga akan mengetahui sejarah nama Desa Raci kita.
Berikut daerah -  daerah yang mempunyai nama Raci,
1.      Desa Raci kec. Batangan, Kab. Pati, Jawa Tengah
2.      Desa Raci, kec. Bangil, Kab. Pasuruan, Jawa Timur
3.      Desa Raci Tengah, Kec. Sidayu, Kab. Gresik, Jawa Timur
4.      Desa Raci Kulon, Kec. Sidayu, Kab. Gresik, Jawa Timur
5.       Desa Raci Wetan, Kec. Bungah, Kab. Gresik, Jawa Timur
Berikut sejarah Desa Raci Wetan, Gresik yang ditulis oleh Ahmad Asrorifa' yang bisa kita jadikan referensi untuk desa raci, batangan, pati
Desa raci Wetan sebelum masa pemerintahan Demang Danipa berada di Raci Delanyar sedangkan di Raci Wetan sendiri dulunya dikenal dengan nama Desa Ngablak. Sehingga pada saat itu Demang Danipa adalah salah seorang yang bertempat tinggal di Desa Ngablak.
 Ketika beliau diangkat menjadi Demang, maka yang dulunya bernama Ngablak menjadi Raci Wetan. Karena disebabkan Demang yang dulunya bertempat tinggal di Desa Ngablak dan akhirnya menjadi desa Raci Wetan.
Pada masa pemerintahan Bupati Raden Badrun pada tahun 1910 M, Belanda mulai melancarkan strategi barunya, lalu Raden Badrun dipindahkan ke Jombang.  Kemudian Sidayupun dirubah kedudukannya menjadi satuan wilayah yang lebih rendah yaitu kawedanan.
 Belanda juga menempatkan lurah (Demang) hanya untuk loyalitas dirinya. Adanya dukungan belanda sebagai satuan wilayah yang kecil dengan Raja kecil-kecilnya pula. Kata raci merupakan kemerdekaan raja-raja kecil dan pada masa itu bermunculan nama-nama raci dan salah satunya adalah Raci Wetan.
Berdasarkan cerita di atas, dapat disimpulkan bahwa nama Raci berasal dari kata Raja Cilik, yang dipimpin oleh seorang Demang /Lurah.
Berdasarkan penuturan orang tua, bahwa Raci erat kaitannya dengan Kadipaten / kawedanan Juwana, banyak kerabat kawedanan Juwana yang tinggal di Raci, maka sangat dimungkinkan bahwa Raci adalah daerah perdikan, dengan level kekuasaan di bawah kawedanan, maka disebut Raci = Raja Cilik.
                              

Asal Usul Nama Pedukuhan di Desa Raci

Asal usul Dukuh Sawahan
Dukuh sawahan,dinamakan sawahan karena daerah ini dulunya adalah sawah, lalu lambat laun karena pertumbuhan penduduk, akhirnya sawah tersebut didirikan rumah-rumah dan akhirnya jadi perkampungan.  Dan dukuh sawahan ini dibagi menjadi tiga bagian, berdasarkan galeng gedhe /  jalan utama sawah yakni: sawahan lor, sawahan tengah dan sawahan kidul, dan galeng sawah tersebut sekarang menjadi jalan utama di dukuh tersebut.
Asal usul Dukuh Nyamplung
 Daerah nyamplung dulunya adalah rawa, dengan kalinya yang lebar, Masjid Jami' Al Barokah dulunya adalah sawah dan di selatannya ada sungai yang lebar mirip jomblang tapi agak kecil, dan terus ke utara melewati kali klatak, ndemping, dan lurus hingga kali gedong dan laut.
Ada beberapa teori tentang nama nyamplung
1. Dinamakan nyamplung karena dulu, orang-orang menggembalakan kerbaunya di daerah sini. Sudah kita ketahui bahwa kerbau itu suka mandi lumpur, jadi orang jaman dulu suka memandikan kerbaunya di sungai ini.
Dinamakan nyamplung karena berasal dari kata nyemplung. Nggon nyemplunge kebo.
2. Kemungkinan kedua ialah nama nyamplung berasal dari banyaknya pohon nyamplung di daerah ini. Tapi hingga sekarang masyarakatnya sendiri tidak tahu apa itu pohon nyamplung, dan tanda-tanda kalau dulu banyak pohon nyamplung pun tida ada disana, jadi pendapat nomer satu lebih kuat dari pada pendapat nomer dua ini tentang asal usul dukuh nyamplung.
Asal usul Dukuh Demping
Demping menurut kata orang tua, artinya adalah pinggir. Penulis belum menemukan akar kata demping, tapi menurut orang tua dulu, demping artinya adalah pinggir. Karena wilayah ini berada di pinggir desa, maka dinamakan demping.
Asal usul Dukuh Mambung
Sebelum kita mendiskripsikan arti kata mambung, perlu kita ketahui bahwa ada beberapa wilayah yang bernama mambung, misalkan mambung wiroto, kec. Kaliori, Rembang. Dan setiap nama tempat yang mempunyai nama sama, pasti ada kemiripan sejarah.
Secara topografi, Mambung – Raci dan Mambung wiroto, mempunyai kemiripan, yaitu area persawahan dengan tanah lempung berlumpur, daerah rawa, banyak kali. Bisa di identifikasikan bahwa arti mambung ialah daerah yang tanahnya lempung, berlumpur. Bisa juga Mambung berasal dari kata Mambeng, “banyune mambeng, ora iso mlaku”. Wallahu a’lam
Asal Usul Dukuh Karang Turi
Karang Turi ialah kawasan daerah Sd Raci ke timur hingga pertigaan. Wilayah itu, orang tua jaman dulu sering menyebutnya dengan Karang Turi, karena memang mungkin banyak pohon turi.
Asal Usul Dukuh Ketitang
Ternyata daerah dengan nama ketitang banyak sekali kita temukan, antara lain.
Ketitang kulon dan Ketitang Wetan (brumbung), Batangan, Pati.
Ketitang, kec. Jumo, kab. Temanggung, Jawa Tengah,
Ketitang, Kec. Nogosari, Kab. Boyolali, Jawa Tengah.
Ketitang, Kec. Godong, Kab. Grobogan, Jawa Tengah
Tidak diketahui secara pasti asal usul nama ketitang, tapi dari Ketitang, Temanggung dapat diketahui bahwa wilayah ini adalah komplek pemakaman Bupati Kedhu. Bisa jadi Ketitang, Batangan, Pati adalah komplek pemakaman. Memang daerah Ketitang (brumbung) ini dulunya terkenal dengan makam pinggir jalan nya yang agak angker.
Bisa juga Ketitang / Titang itu bermakna jarang / arang-arang. “Takting titang” rumahnya jarang - jarang dan berjauhan.  
Pecahnya Wilayah Ketitang Kulon dan Ketitang Wetan
Antara Ketitang Kulon dan Ketitang Wetan di pisahkan oleh sawah yang cukup luas. Wilayah perkampungan orang ketitang kulon lebih dekat dengan pemerintahan Desa Raci daripada pemerintahan Desa Ketitang itu sendiri. Lalu secara administrative, wilayah Ketitang Kulon masuk desa Raci, dan KetitangWetan berdiri sendiri. Adapun nama lain ketitang wetan adalah brumbung, mungkin ada kaitannya antara mambung dan brumbung secara topografi sejarah.
 Asal Usul Kali Klatak
Dinamakan kali klatak karena kali tersebut dulunya dikasih jembatan yang terbuat dari papan kayu, sehingga akan berbunyi klatak-klatak jika ada orang yang melewatinya, maka wilayah tersebut dinamakan dengan klatak.
Asal Usul Kali Seganten
Dinamakan kali seganten, konon katanya dulu nganten sepasar weweh dewek’an trus ilang nek kono.
Asal Usul Kali Jabang Bayi / Bang Bayi dan Kali Gedong
Konon ada bayi hanyut di sungai dan tersangkut, lalu menjadi heboh kemudian kali tersebut terkenal dengan nama kali jabang bayi, disingkat bangbayi, untuk mengenang peristiwa tersebut.
Lalu bayi tersebut di ambil dan gedong (dibungkus / dikemuli) di pinggir kali ketitang kulon, lalu kali ini terkenal dengan nama kali gedong.
Asal Usul Jomblang Impres
Jomblang impress sebenarnya tidak segawat yang dibicarakan orang, karena kekurangan pengetahuanlah yang mengira bahwa jomblang tersebut gawat.
Jomblang ini sebenarnya dibangun fungsinya sebagai pengairan sawah, adapun pulau ditengah jomblang itu fungsinya adalah untuk menanggulangi ombak aliran air. Banyak jomblang di daerah lain yang tengahnya dikasih pulau agar gelombang air tidak terlalu besar.
Asal Usul Sumur Brumbung
Jaman dulu muncul sumber mata air sebesar dandang / ompreng besar, yang mengalir deras hingga membuat banjir wilayah sekitar. Karena khawatir banjir makin meluas, maka mata air itu ditutup / disrumbung dengan duk, hingga alirannya berhenti, dan tempat petilasannya tersebut disebut brumbung dari kata di srumbung, karena disitu ada sumur, maka terkenal dengan nama sumur brumbung.
Asal Usul Pulo (sawahan Kidul)
Menurut cerita, pulo adalah makam tertua di Desa Raci, dinamakan pulo karena ini adalah bekas kuburan kuno, terasingkan, terpencil, menyendiri, lalu orang menyebutnya pulo.


No comments:

Post a Comment