Sejarah Lengkap Desa Raci - Batangan - Pati


Desa Raci mempunyai banyak misteri. Kapan dan siapa yang memberi nama Desa Raci?
Untuk memecahkan misteri tersebut, yang pertama kita telusuri adalah Pepunden atau sesepuh / danyang yang membabat desa Raci. 
Punden Desa Raci yang pertama dan tertua adalah Punden Mbah Madiah. Siapakah beliau sebenarnya? Yuk mari kita simak cerita berikut. 

Ki Marto Kusumo duwe anak loro, lanang lan wadon. Sing lanang jenenge Dipoyono, sing wadon jenenge Madiyah. 
Ki Marto Kusumo kalebu muride Sunan Bonang. Gandheng Ki Marto Kusumo wis buntas anggone ngangsu kaweruh, dhewek’e kepingin nggiyarake ngelmune marang sepadha-padha.
Ing kono Sunan Bonang dawuh, “yen kuwe kepingin nggiyarake kaweruhmu, tak golekno panggon. Ing sisih kulon kae isih ono bumi kang kebak ri bebondhotan, kuwi gaween padhepokkan.”
Ki Marto Kusumo banjur matur, yen durung weruh panggonan iku mau. Sunan Bonang banjur dhawuh,  “tekenku iki bakal tak balangno, mengko yen tiba ana ing ngendi wae, yo iku papan kang kena kanggo makuwon.
Ki Marto Kusumo banjur budhal sak keluarga nututi playune teken. Tekan kono Ki Marto Kusumo banjur nggawe padhepokan kang aran Pakuwon.
Sarehne Dipoyono lan Madiyah wis dewasa, dewek’e padha kepingin njembarake wilayahe, banjur mbabat alas. Dipoyono mempeng olehe mbabat alas, entuk sakpertelon wis katon padhang bentak ilak-ilak, banjur diwenehi jeneng bentak’an. Lokasine saiki yo iku sawah sak kidule makam ngerang.
Madiyah amergo wong wadon ape mbabat alas nganggo pacul karo wadung ora bisa, dhewek’e banjur duwe akal, alas diobong.
Dipoyono banjur anut ngobong alas. Dene pembagian wilayahe, ngendi wae panggonan sing ketiban langes, yo iku sing dadi wilayah ngerang.
Ndilalah angin ora pati banter, mlayune angin mengulon tekan sak wetane ngebruk. Mengetan tekan mburine sekolahan SD Raci.

Dene sing ora ketiban langes, dadi wilayahe Desa Raci, yo iku wiwit pinggir segoro lor, tekan kali silugonggo, mengidul tekan Desa Ngening.

Madiyah dikawin karo Joko Taruna. Sak kiwo tengene omahe ditanduri wit turi pirang pirang banjur papan kono diwenehi jeneng Karang Turi (komplek punden SD Raci).
Madiyah penggaweane dodolan jamu, saben dino ider jamu. Ora antara suwe anggone mlaku, dhewek’e weruh ana wong mati gemletak ana ndalan. Bareng ditilik’i jebul ora kawulane, banjur dipendhem ono sisih wetan, tapel wates, pinggir kampung. Panggonan mau banjur diarani kuburan ndemping saka tembung dipendem ono ing pinggir.
Banjur Madiyah nerusake lakune mengidul, ketemu wong bakul legen, ditakoni jarene wong Carang Soko, banjur papan kono diwenehi jeneng pasar soko.
Madiyah tuku legen mau sing diwadahi bumbung, bareng diombe rasane seger mambu bung, banjur papan kono diwenehi jeneng Mambung (mambu bung).
Bareng sasi ketigo, suwe ora ono udan, larang banyu, banjur Ki Joko Taruna semedhi, entuk wangsit yen sisih kidul kae ana sumber gedhe. Banjur Ki Taruna tumandang gawe sumur. Bareng nduduk lemah lagi sak dengkul, banyune nyumber mili banter nganti banjir. Banjur sumur mau disrumbung nganggo duk, nganti mampet, miline kari sitik. Banjur sumur mau diwenehi jeneng sumur brumbung.
Ki Joko Taruna lan Nyi Madiah anggone bebrayan duwe anak lanang jenenge Suyono. Suyono seneng karo bocah pekuwon kang aran Sulastri. Ananging wong tuwane ora sarujuk. Suyono njur ngucap, yen dhewek’e ora didaupke karo Sulastri, aluwung mati. Akhire dituruti.
 Pungkasane rembug, bareng nepak’i gawe, budhal lamaran lagi tekan tengah ndalan, ana mendung lelimengan, bledhek nyamber-nyamber. Sing nggendhong jampi suruh kesamber bledhek. Sing nggowo lamaran bali mulih, lamarane batal. Njur Nyi Madiah duwe ipat-ipat, yen anak turun’e ojo nganti ana sing entuk bocah pekuwon.”
Suyono nganti ngenes mergo pedhot katresnan, akhire mati. Banjur layune Suyono dimakamno ana ing wetan, lemah mbunuk kaya pulau, banjur diwenehi jeneng makam pulau, sing saiki dadi wilayah dukuh sawahan kidul.
Nyi Madiah iling marang ucapane mbiyen, banjur menehi wasiat, “anak putuku mbesuk yen dadi nganten, weruh ana aku, ing kono bakal tak pangestoni. Wiwit kuwi, saben anak putune mbah madiah dadi manten, mongko ana ing desa kene ono tradisi mubeng punden, kanggo meruhi yen ono anak putune mbah madiah kang dadi manten. 
Pungkasane cerita, gandheng Nyi Madiah nggawe jeneng petilasan ngaleh-ngaleh, dijumbuhake karo panggaweane ngracik jamu, papan kono diwenehi jeneng Raci Sidomulyo, sing saiki terkenal kanthi jeneng Desa Raci.
Mbah Madiah dimakamno ing sisih wetan jomblang raci. Dene sing kakung Ki Taruna dimakamno ing makam mambung. Dene reracik’aning jamu, tukul wit kemuning karo wit dara dadi punden. Sing saiki ws diganti wit ringin.       
Begitulah legenda asal usul Desa Raci yang dikarang oleh pujangga lokal yang bernama Bapak Supriyanto Siwar, dengan menggabungkan beberapa penggalan cerita jaman dulu yang di susun menjadi satu agar menjadi cerita yang menarik. Ya karena tidak ada naskah maupun teks kuno yang menceritakan tentang sejarah Desa Raci. Yang ada hanya cerita dari lisan ke lisan yang di tuturkan orang tua jaman dulu dari generasi ke generasi berikutnya sehingga sangat mungkin terjadi penambahan maupun pengurangan cerita.
Yuk sekarang mari kita bedah bersama tentang asal usul Desa Raci

     Berdasarkan cerita tadi, jika Ki Marto Kusumo, Bapak dari Mbah Madiah adalah murid dari Sunan Bonang, maka keluarga Mbah Madiah hidup di era akhir majapahit hingga era kerajaan demak yaitu sekitar tahun 1500an. Karena masa hidup sunan Bonang adalah di era Majapahit dan demak. Tapi apakah betul demikian? Jika betul demikian, harusnya Raci disebutkan dalam cerita babad. Tapi ketika kita mendengar kisah Sunan Ngerang, joko pekuwon, Penggede Pagak, Adipati Cokrojoyo Juwana, dan kisah2 babad lainnya yang berdekatan dengan Raci, kita tidak pernah mendengar Raci disebutkan dalam cerita tersebut, jadi besar kemungkinan, Desa Raci ada setelah jaman tersebut, atau malah berdiri diera jaman kolonial Belanda. 

    Kalau kita lihat, di Jawa Timur juga ada daerah yang bernama Raci, biasanya suatu tempat yang mempunyai nama yang sama, juga mempunyai sejarah yang sama pula. Misalnya Bajo dan Kauman. Daerah yang bernama bajo, tentulah berada di pinggir pantai dengan banyaknya berlalu lalang kapal. Dan daerah yang bernama kauman, pastinya berada di pusat kota dengan komunitas kaum muslimin yang ditandai dengan masjid besar di tengahnya. Nah Raci, kemungkinan juga begitu, punya sejarah yang sama dengan Raci- Raci yang lain. 

    Kalau kita baca sejarah Raci di Gresik, Raci merupakan singkatan dari Raja cilik / Raja di wilayah yang lebih kecil. Yaitu ketika pemerintah kolonial belanda menyatukan antara Kadipaten Sidayu dengan Kadipaten Gresik. Dan menurunkan kedudukan Sidayu yang tadinya Kabupaten menjadi kawedanan atau setingkat kecamatan. Belanda juga menempatkan para demang atau lurah di wilayah yang lebih kecil hanya untuk loyalitas dirinya. Dan pada saat itulah banyak bermunculan nama raci. Seperti halnya Desa Raci di kecamatan Bangil, Pasuruan, Jawa Timur. Di sidayu sendiri ada tiga desa raci, yakni desa raci kulon, raci tengah dan raci wetan. 

     Selain itu, di Surabaya juga ada nama Raci yang digunakan sebagai nama Jalan, yaitu Jalan Raya Raci di Desa Benowo, kecamatan Pakal, Kota Surabaya

     Berdasarkan kemiripan sejarah tersebut, Raci di kecamatan batangan, kabupaten Pati pun bisa jadi berdiri ketika pemerintah kolonial Belanda menyatukan antara Kadipaten juwana dengan Kadipaten pati, dan merubah kedudukan juwana yang tadinya kadipaten yang dipimpin oleh Adipati Mangkudipuro, berubah kedudukannya menjadi kawedanan juwana. Dan pada saat itulah Belanda menunjuk Demang atau lurah di wilayah yang lebih kecil yang kini di sebut Raci. Yaitu sekitar tahun 1886, ketika bersatunya antara kabupaten juwana dengan kabupaten pati. Dan urutan yang menjadi Demang pada masa itu adalah Demang Rayuk, Demang Wirya Wisastro, dan Demang Karjono. Oleh karena itu Raci tidak pernah disebut dalam cerita babat, baik cerita sejarah Sunan Ngerang maupun berdirinya kadipaten Pati, karena nama Raci baru muncul belakangan sekitar tahun 1800an.

     Berdasarkan uraian ini dapat kita simpulkan bahwa, yang memberi nama Raci bukan mbah Madiah, namun pemerintah kolonial Belanda. Dan Raci bukan berasal dari kata racik-racik, tetapi Raja Cilik, setingkat demang/ lurah. Mbah Madiah mungkin yang mbabat Desa Raci pertama kali. Tapi bukan beliau yang memberi nama Raci. Karena nama Raci muncul jauh setelah Mbah Madiah. Dan kita sendiri tidak tahu mbah Madiah hidup di jaman kapan. 

      Lalu yang kedua, Suami dari Mbah Madiah dalam cerita legenda disebutkan bernama Joko Taruna. Joko berarti lelaki yang sudah baligh, dan taruno berarti remaja. Jadi Joko Taruno berarti remaja yang sudah baligh. Ini karena ketidak tahun pengarang tentang nama dari suami Mbah Madiah. 

    Sedangkan menurut Mbah Kasiyo, adik dari Mbah saya pernah bercerita bahwa suami dari Mbah Madiah bernama Mbah Sumo yang dimakamkan di makam mambung. 

    Lalu lanjut lagi tentang pembagian wilayah antara Ngerang dan Raci. Pembagian wilayah antara Desa Ngerang dan Raci menurut cerita dari mbah mbah jaman dulu yaitu antara Danyang Ngerang dan Danyang Raci membakar jerami padi, yang mana daerah yang terkena langes atau abu dari jerami padi maka daerah itulah yang menjadi wilayah Ngerang. Dan yang tidak terkena abu jerami menjadi wilayah Raci. Dan tempat untuk membakar jerami lokasinya sekarang berada di sebelah barat SD Raci. 

    Lalu cerita tentang anak mbah madiah yang tidak jadi menikah dengan anak dari pekuwon menjadi mitos bahwa orang raci tidak boleh menikah dengan orang pekuwon, karena rumah tangganya akan berakhir. Karena dulunya Raci dengan Pekuwon masih saudara. Dan itu menjadi mitos di orang tua kita dulu. 

     Dan adat mengelilingi punden berasal dari sini, bahwa kita harus meminta restu kepada leluhur atau pepunden kita ketika menikah. Dan ini merupakan adat, bukan agama. Jadi menikahnya tetap sah walaupun tidak mengelilingi punden. 

Sekarang kita beralih ke asal usul nama dukuh dan nama-nama tempat lainnya di Raci.
Yang pertama ialah Karang Turi, yaitu wilayah sekitar punden raci ke timur. Orang dulu menyebutnya karang turi, karena banyak pohon turi. Namun sekarang nama sebutan itu sudah hilang

Asal usul Dukuh Sawahan
Dinamakan dukuh sawahan karena memang daerah ini dulunya adalah sawah. Saya ingat di awal tahun 1990an daerah ini sebagian masih berupa sawah dengan tanaman padi dan jagung. Hingga di akhir tahun 1990an sawahnya berubah menjadi bangunan rumah-rumah. Dan walaupun sekarang sawahnya sudah berubah jadi perkampungan, orang masih menyebutnya sawahan.

Asal usul Dukuh Nyamplung
Di sebut nyamplung karena dulunya adalah tempat untuk nyemplung kebo.
Banyak penggembala kerbau yang memandikan kerbaunya dengan nyemplung di sungai di tempat itu. 


Asal usul Dukuh Demping
Demping menurut kata orang tua, artinya adalah pinggir. Bisa juga Demping berasal dari kata pendem ono ing pinggir.
Tapi Demping dalam bahasa belanda artinya adalah peredaman/meredam.

Asal usul Dukuh Mambung
Apakah benar mambung bbelum kita mendiskripsikan arti kata mambung, perlu kita ketahui bahwa ada beberapa wilayah yang bernama mambung, misalkan mambung wiroto, kec. Kaliori, Rembang. Dan setiap nama tempat yang mempunyai nama sama, pasti ada kemiripan sejarah.
Secara topografi, Mambung – Raci dan Mambung wiroto, mempunyai kemiripan, yaitu area persawahan dengan tanah lempung berlumpur, daerah rawa, banyak kali. Bisa di identifikasikan bahwa arti mambung ialah daerah yang tanahnya lempung, berlumpur. Bisa juga Mambung berasal dari kata Mambeng, “banyune mambeng, ora iso mlaku”. Wallahu a’lam

Asal Usul Dukuh Karang Turi
Karang Turi ialah kawasan daerah Sd Raci ke timur hingga pertigaan. Wilayah itu, orang tua jaman dulu sering menyebutnya dengan Karang Turi, karena memang mungkin banyak pohon turi.

Asal Usul Dukuh Ketitang
Ternyata daerah dengan nama ketitang banyak sekali kita temukan, antara lain.
Ketitang kulon dan Ketitang Wetan (brumbung), Batangan, Pati.
Ketitang, kec. Jumo, kab. Temanggung, Jawa Tengah,
Ketitang, Kec. Nogosari, Kab. Boyolali, Jawa Tengah.
Ketitang, Kec. Godong, Kab. Grobogan, Jawa Tengah

Bisa juga Ketitang / Titang itu bermakna jarang / arang-arang. “Takting titang” rumahnya jarang - jarang dan berjauhan.  

Pecahnya Wilayah Ketitang Kulon dan Ketitang Wetan
Antara Ketitang Kulon dan Ketitang Wetan di pisahkan oleh sawah yang cukup luas. Wilayah perkampungan orang ketitang kulon lebih dekat dengan pemerintahan Desa Raci daripada pemerintahan Desa Ketitang itu sendiri. Lalu secara administrative, wilayah Ketitang Kulon masuk desa Raci, dan KetitangWetan berdiri sendiri. Adapun nama lain ketitang wetan adalah brumbung, mungkin ada kaitannya antara mambung dan brumbung secara topografi sejarah.

 Asal Usul Kali Klatak
Dinamakan kali klatak karena kali tersebut dulunya dikasih jembatan yang terbuat dari papan kayu, sehingga akan berbunyi klatak-klatak jika ada orang yang melewatinya, maka wilayah tersebut dinamakan dengan klatak.

Asal Usul Kali Seganten
Dinamakan kali seganten, konon katanya dulu nganten sepasar weweh dewek’an trus ilang nek kono.

Asal Usul Kali Jabang Bayi / Bang Bayi dan Kali Gedong
Konon ada bayi hanyut di sungai dan tersangkut, lalu menjadi heboh kemudian kali tersebut terkenal dengan nama kali jabang bayi, disingkat bangbayi, untuk mengenang peristiwa tersebut.
Lalu bayi tersebut di ambil dan gedong (dibungkus / dikemuli) di pinggir kali ketitang kulon, lalu kali ini terkenal dengan nama kali gedong.

Asal Usul Jomblang Impres
Jomblang impress sebenarnya tidak segawat yang dibicarakan orang, karena kekurangan pengetahuanlah yang mengira bahwa jomblang tersebut gawat.
Jomblang ini sebenarnya dibangun fungsinya sebagai pengairan sawah, adapun pulau ditengah jomblang itu fungsinya adalah untuk menanggulangi ombak aliran air. Banyak jomblang di daerah lain yang tengahnya dikasih pulau agar gelombang air tidak terlalu besar.

Asal Usul Sumur Brumbung
Jaman dulu muncul sumber mata air sebesar dandang / ompreng besar, yang mengalir deras hingga membuat banjir wilayah sekitar. Karena khawatir banjir makin meluas, maka mata air itu ditutup / disrumbung dengan duk, hingga alirannya berhenti, dan tempat petilasannya tersebut disebut brumbung dari kata di srumbung, karena disitu ada sumur, maka terkenal dengan nama sumur brumbung.

Asal Usul Pulo (sawahan Kidul)
Menurut cerita, pulo adalah makam tertua di Desa Raci, dinamakan pulo karena ini adalah bekas kuburan kuno, terasingkan, terpencil, menyendiri, lalu orang menyebutnya pulo.

Asal mula masjid raci ada dua

Asal mula lapangan rama sakti




No comments:

Post a Comment